Kesehatan

Kemajuan teknologi berpengaruh pada banyak unsur kehidupan masyarakat.salah satunya adalah unsur kesejahteraan dibidang kesehatan. Kemajuan teknologi dianggap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada kehidupan masyarakat Desa yang merupakan suatu kesatuan wilayah yang dihuni oleh sejumlah keluarga yang mempunyai sistem pemerintahan sendiri.di tinjau dari fasilitas kesehatan

  • Prasarana Kesehatan di Desa Klabang Agung:
Jenis Prasarana Jumlah Unit
Polindes 1 Unit
Balai Posyandu 2 unit

 

  • Sarana Kesehatan di Desa Klabang Agung:
Jenis Prasarana Jumlah Unit
Bidan Desa 1 orang
Perawat 1 orang
Kader posyandu terlatih 10 orang
Dukun bersalin terlatih 1 orang

Upaya kesehatan di Desa Klabang Agung yang berjalan sampai saat ini di diantaranya adalah:

  1. Upaya promosi kesehatan
  2. Upaya kesehatan lingkungan dalam hal ini sosialisasi PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat)
  3. Upaya kesehatan Ibu dan Anak serta Program KB
  4. Upaya perbaikan gizi melalui Kegiatan Posyandu
  5. Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular dengan melaksanakan kegiatan jum’at Bersih bersama unsur-unsur masyarakat di desa Klabang Agung.

Dalam pelaksanaan upaya kesehatan tersebut diatas desa trebungan merupakan desa siaga yang mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dengan baik namun tentunya masih ada kendala dan permasalahan yang masih dihadapai antaranya adalah minimnya tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan serta sumber Daya Manusia yang minim dalam memahami pentingnya kesehatan.

Posyandu yang ada di desa Klabang Agung merupakan salah satu upaya kesehatan yang dikelola dan diselenggarakandari,oleh dan untuk bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar khususnya bagi  Balita,BUMIL,Lansia.melalui penyelenggaraanposyandu yang dikelola dengan prinsip dari,oleh dan untuk bersama masyarakat maka dapat diartikan posyandu dalam pengelolaannya melibatkan semua unsur masyarakat yang mempunyai minat dan visi dalam meningkatkan kualitas sumber daya Manusia sejak dini. Posyandu di desa Klabang Agung bertujuan:

  1. agar terselenggaranya posyandu secara rutin setiap bulannya di 2 pos Posyandu yaitu Tulip I,Tulip II, yang bersinergi dengan Bina keluarga Balita .
  2. tercapainya pemberdayaan tokoh masyarakat,dan kader melalui advokasi,orientasi,pelatihan dan penyegaran
  3. tercapainya pemantapan kelembagaan posyandu.

Semua hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dasar dan peningkatan status gizi masyarakat yang secara umum terpuruk sebagai akibat dari pengaruh ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat.posyandu di Desa Klabang agung sudah cukup lama hadir dan memberikan kontribusi dalam bidang kesehatan bagi masyarakat kami yang mampu berjalan dengan sumber dana dari alokasi Dana Desa dan swadaya Masyarakat oleh sebab itulah posyandu yang dilengkapi dengan balai posyandu dikategorikan sebagai posyandu mandiri. Selain itu denagn satu Unit Polindes beserta tenaga kesehatan dan unsur desa di desa kami yang mampu memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan baik karena alasan itu pulalah Desa Klabang Agung di katakan sebagai Desa Siaga.

Skip to toolbar